Home ยป 5 Negara Yang Menolak Main Lawan Israel, Nomor 1 Indonesia!
Featured Global News Indonesia Israel News Sports

5 Negara Yang Menolak Main Lawan Israel, Nomor 1 Indonesia!


SEBANYAK 5 negara yang menolak main lawan Israel akan diulas Okezone dalam artikel ini. Menariknya, Timnas Indonesia menjadi salah satu diantara kelima negara tersebut.

Ya, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia lantaran ada sejumlah pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel U-20. Dengan begitu, FIFA pun memutuskan untuk mencabut status tuan rumah kompetisi itu dari Indonesia.

Namun, terdapat 5 negara yang ternyata pernah menolak main lawan Israel. Lantas, siapa sajakah mereka? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Berikut 5 Negara yang Menolak Main Lawan Israel

5. Timnas Iran

Timnas Iran menjadi salah satu negara yang menolak bermain kontra Israel. Bahkan, terdapat dua pemain yang pernah dicoret dari Timnas Iran karena menghadapi klub Israel, kedua pemain tersebut adalah Iran Hajsafi dan Shojaei.

Kedua pemain tersebut dinilai telah melewati batas karena bermain menghadapi klub Israel. Hal itu pun tidak dapat diterima oleh negara sehingga membuat kedua pemain tersebut dicoret dari Timnas Iran.

4. Timnas Mesir

Timnas Mesir

Selanjutnya adalah Timnas Mesir. Mesir pernah menolak untuk bermain kontra Israel tepatnya pada Kualifikasi Piala Dunia 1958.

Pada saat itu, Mesir tergabung dalam grup yang sama dengan Indonesia menolak untuk bermain kontra Israel. Hal itu didasari dengan bentuk solidaritas kepada warga Palestina. Alhasil, Mesir pun harus tersingkir di babak Kualifikasi Piala Dunia 1958.

3. Timnas Turki

Timnas Turki

Berikutnya adalah Timnas Turki. Timnas Turki juga menolak bermain Israel pada babak Kualifikasi Piala Dunia 1958.

Turki mendukung penuh Palestina dan menolak untuk bermain kontra Israel. Dengan begitu, Israel pun lolos hingga babak play-off Piala Dunia 1958. Akan tetapi, pada akhirnya mereka gagal melaju ke putaran final lantaran kalah 0-2 dari Wales.

2. Timnas Argentina

Timnas Argentina

Urutan kedua dalam daftar ini adalah Timnas Argentina. Timnas Argentina dijadwalkan bakal bersua Israel dalam laga uji coba pada 2018 lalu.

Akan tetapi, para pemain kemudian menolak utuk tampil karena alasan politis. Hal itu didukung striker Argentina kala itu, Gonzalo Higuain. Bahkan menurutnya, Federasi Sepakbola Argentina (AFA) mengambil keputusan tepat dengan membatalkan laga uji coba itu.

1. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Terakhir adalah Timnas Indonesia. Tercatat, selain pada Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia ternyata sebelumnya juga pernah menolak bermain dengan Israel.

Ya, momen itu terjadi pada babak Kualifikasi Piala Dunia 1958. Sama halnya seperti Turki dan Mesir, Timnas Indonesia juga berhadapan dengan Israel demi melaju ke putaran final Piala Dunia 1958.

Akan tetapi, Timnas Indonesia menolak untuk berhadapan dengan Israel, hal itu pun akhirnya membuat Timnas Indonesia gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 1958. Pada Asian Games 1962 pun, Presiden Soekarno juga menolak untuk mengundang Israel.

Sumber: Okezone

Translate