Home » 9 Gejala Penyakit Jantung pada Wanita, Waspadai sebelum Terlambat
Asia Global News Health News

9 Gejala Penyakit Jantung pada Wanita, Waspadai sebelum Terlambat

Gejala penyakit jantung pada wanita rupanya memiliki perbedaan dengan pria. Variasi gejala yang muncul pada wanita lebih banyak daripada pria, tetapi tidak selalu disadari.


Dilansir dari laman Mayo Clinic, penyakit jantung sering kali dianggap sebagai penyakit yang umum terjadi pada pria.

Nyatanya, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Maka tak heran, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Khusus untuk wanita, gejala penyakit jantung ternyata bervariasi, tidak sekadar dada nyeri atau tertekan yang berlangsung selama beberapa menit seperti yang umum terjadi.

Namun, wanita rupanya tidak selalu sadar dengan gejala-gejala tersebut karena beberapa gejala tidak muncul dari area dada sesuai lokasi organ jantung.

Selain itu, gejala penyakit jantung wanita cenderung lebih sering muncul ketika tengah beristirahat atau bahkan tidur, sehingga semakin tidak mudah disadari.

Masalahnya, karena gejala penyakit jantung wanita cukup bervariasi dari pria membuat wanita mungkin jarang didiagnosis terkena serangan jantung dibandingkan pria.

Padahal, wanita lebih berisiko mengalami serangan jantung tanpa penyumbatan para di arteri. Untuk itu, penting untuk mengenal apa saja gejala jantung pada wanita.

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita
Berikut sembilan gejala penyakit jantung yang dapat dirasakan oleh wanita.

1.Leher, rahang, bahu, punggung atas, dan perut bagian atas terasa tidak nyaman
2.Sesak napas
3.Nyeri pada salah satu atau kedua tangan
4.Mual atau muntah
5.Berkeringat
6.Sakit kepala ringan atau pusing
7.Kelelahan yang tidak biasa
8.Mulas dan gangguan pencernaan
9.Dada nyeri


Jika Anda merasakan gejala ini beberapa kali atau secara berulang, segeralah hubungi bantuan medis agar mendapat pemeriksaan.

Sebaiknya, Anda tidak menuju bantuan medis seorang diri ketika sudah merasakan gejala-gejala ini, kecuali ketika mendesak dan tidak ada pilihan lain.

Penanganan Penyakit Jantung pada Wanita
Jika memiliki gejala penyakit jantung, sebaiknya wanita mulai mengubah gaya hidupnya untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Berikut beberapa penanganan penyakit jantung pada wanita.

1.Berhenti merokok
2.Makan makanan sehat
3.Berolahraga
4.Jaga berat badan
5.Kelola stres
6.Batasi alkohol


Jaga tekanan darah, kolesterol, hingga kadar gula dalam tubuh

Risiko Penyakit Jantung pada Wanita
Perlu diketahui, wanita memiliki risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, hingga obesitas ketika mengidap penyakit jantung. Namun, wanita memiliki risiko lebih besar.

Berikut risiko penyakit jantung pada wanita.

1.Diabetes, wanita yang memiliki penyakit jantung lebih mudah terkena diabetes daripada pria dengan penyakit jantung
2.Stres dan depresi, kedua hal ini lebih rentan terjadi pada wanita daripada pria yang sama-sama mengidap penyakit jantung
3.Komplikasi saat kehamilan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes
4.Menopause, penyakit jantung pada wanita lebih mudah berkembang ketika wanita memasuki masa menopause karena hormon estrogen telah berkurang
5.Penyakit radang, seperti artritis reumatoid, lupus, dan lainnya lebih berisiko terjadi pada wanita dengan penyakit jantung daripada pria

Itulah penjelasan mengenai gejala penyakit jantung pada wanita. Semoga bermanfaat.

Source : CNN

Translate