Home » Tangguh Jalani Hidup, 8 Hal Ini Tidak akan Dilakukan oleh Perempuan Bermental Baja! Apa Saja?
Lifestyle News Women

Tangguh Jalani Hidup, 8 Hal Ini Tidak akan Dilakukan oleh Perempuan Bermental Baja! Apa Saja?

Pria dan perempuan membangun kekuatan mental dengan cara yang sama. Namun, ketika menyangkut kebiasaan buruk yang kontraproduktif dan mungkin akan memperlambat atau menahan kemajuan, gender memainkan peran yang serius.

Tekanan budaya, ekspektasi sosial, dan perbedaan besar mengenai cara perempuan dibesarkan adalah sebagian kecil faktor yang membuat perempuan memiliki kebiasaan tidak sehat tersebut.

Namun, perempuan juga bisa membuat perubahan positif dan menjadikan dirinya sebagai perempuan bermental baja jika bisa menghindar dari hal-hal di bawah ini! Apa saja? Dirangkum dari CNBC, berikut ulasannya!

Membandingkan Dirinya dengan Orang Lain

Jawablah dengan jujur pada dirimu sendiri dan ungkapkan lah segala isi hatimu/Foto: freepik.com/kroshka-nastyaIlustrasi/Foto: Freepik.com/kroshka-nastya

Mengukur kebahagiaan, kekayaan, dan penampilanmu dengan orang lain hanya akan membebani kesehatan mentalmu. Karena satu-satunya orang yang semestinya menjadi pembanding bagi dirimu adalah dirimu yang kemarin.

Mengejar Kesempurnaan

Orang yang memiliki kebiasaan perfeksionis kerap dianggap punya kualitas yang baik, tetapi pada praktiknya, perfeksionisme hanya akan menahan langkahmu. Sebagai perempuan bermental baja, kamu tetap boleh menetapkan harapan yang tinggi pada diri sendiri, tetapi kamu juga harus menerima kegagalan dan kesalahan sebagai bagian dari proses belajar.

Menganggap Kerapuhan sebagai Kelemahan

In a panic about her looming deadlinesIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Beberapa orang kerap menganggap bahwa orang yang menyatakan cinta terlebih dahulu atau mengajukan pertanyaan karena tidak tahu adalah hal yang memalukan dan membuat mereka terlihat rapuh. Namun kenyataannya, bentuk kerapuhan seperti ini dapat membuat hubungan makin sehat dan diri semakin tangguh.

Memikirkan Semua Hal Secara Berlebihan

Merenung kerap dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental yang buruk dan dapat mencegah seseorang mengambil tindakan yang positif. Perempuan bermental baja memang harus memikirkan matang-matang solusi dari setiap masalah, tetapi jangan membiarkan dirimu terlalu terjebak dalam siklus berpikir yang terlalu lama.

Menghindari Tantangan yang Sulit

Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/ThisisEngineering RAEng)
Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/ThisisEngineering RAEng)

Selalu bersiaplah untuk melawan ketakutanmu dan menghadapi tantangan dalam hidup. Kebiasaan untuk menghadapi tantangan akan membuatmu tumbuh lebih kuat setiap harinya dan membangun kepercayaan diri terhadap kemampuanmu untuk melalui hal-hal yang sulit.

Menjatuhkan Orang Lain agar Terlihat Lebih Baik

Ilustrasi bahasa tubuhIlustrasi/ Foto: Freepik/Freepik

Menjatuhkan orang lain tidak akan membuatmu berada di posisi puncak dalam waktu yang lama karena pada akhirnya sistem yang kamu buat sendiri itu akan menjatuhkanmu juga. Alih-alih menjatuhkan orang lain, kamu seharusnya bisa mengangkat derajat orang lain dan mendukung mereka dengan tulus.

Membiarkan Orang Lain Membatasi Potensimu

Ilustrasi orang cerdas bekerja/ Foto: Freepik.com/wirestockIlustrasi/Foto: Freepik.com/wirestock

Jangan biarkan penolakan dan kritik keras memengaruhi kesehatan mental dan menghentikanmu untuk mencapai hal yang kamu inginkan. Kamu tidak membutuhkan rasa percaya dan dukungan dari orang lain selama kamu yakin dengan kemampuanmu sendiri.

Source : Beautynesia

Translate