Home ยป Mengenal 4 Wanita Tajir di Indonesia
Business Economy Femele Indonesia Perempuan Wanita Woman

Mengenal 4 Wanita Tajir di Indonesia


Daftar pria terkaya di Indonesia masih didominasi pria. Meski begitu, jangan lupakan juga bahwa ada wanita yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.
Dikutip dari detikFinance, setidaknya terdapat empat wanita yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di antara mereka ada yang memiliki harta mencapai puluhan triliun rupiah.

1. Dewi Kam – Peringkat 21
Nama Dewi Kam diam-diam masuk dalam daftar orang terkaya RI 2022. Wanita berusia 72 tahun itu langsung berhasil menduduki peringkat ke 21 dalam daftar tersebut dengan harta kekayaan mencapai US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 30 triliun.

Dewi Kam mendapatkan sebagian besar pundi-pundi uang dari saham di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Ia merupakan pemilik saham minoritas sebesar 10 persen di emiten berkode BYAN itu.

Selain itu, diketahui bahwa Dewi saat ini merupakan pemilik perusahaan PT SSP dan bermitra dengan PT Bosowa Energi di proyek PLTU Jeneponto di Sulawesi Selatan.

Meski demikian, berdasarkan laporan dari Forbes Real Time Billionaire Selasa (11/4/2023), sekarang ini ia tercatat menduduki peringkat ke-8 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan jumlah harta US$ 4,8 miliar atau Rp 72 triliun.

2. Arini Subianto – Peringkat 28
Arini Subianto menempati urutan 28 dalam daftar orang terkaya Indonesia 2022. Wanita yang menjabat sebagai presiden direktur perusahaan induk keluarga, Persada Capital Investama tersebut dilaporkan punya kekayaan bersih US$ 1,5 miliar (Rp 22,5 triliun).

Sebelumnya, Arini bisa dibilang langganan masuk daftar orang terkaya. Ia memang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses dan wanita Indonesia pertama yang menyandang status terkaya. Sosialita 52 tahun itu merupakan anak pertama Benny Subianto yang mewariskan perusahaan kepadanya sebagai anak pertama.

Adapun bisnis yang dijalankannya adalah pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

3. Ghan Djoe Hiang – Peringkat 41
Ghan Djoe Hiang saat ini menduduki peringkat ke-41 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 1,07 miliar atau Rp 16,05 triliun.

Ia adalah istri mendiang taipan Indonesia Athanasius Tossin Suharya, pendiri grup Baramulti yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. Baramulti Group saat ini memiliki 11 konsesi batu bara di Kalimantan dan Sumatera, Indonesia.

Meski begitu, dalam laporan Forbes Real Time Bilionair, saat ini harta kekayaan yang dimilikinya ditaksir senilai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 15 triliun.

4. Marina Budiman – Peringkat 44
Marina Budiman menjadi salah satu wanita terkaya di Indonesia dari data yang dikumpulkan Forbes. Kekayaannya tidak lepas dari kenaikan saham PT DCI Indonesia Tbk (DCII) setelah go public.

Wanita kelahiran tahun 1961 yang merupakan salah satu pendiri PT DCI Indonesia itu disebut punya kekayaan bersih US$ 1,04 miliar atau sekitar Rp 15,6 triliun. Perusahaannya sendiri bergerak di bidang operator pusat data dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Di sisi lain, berdasarkan laporan dari Forbes real time billionaire, sekarang ini dirinya ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 16,5 triliun.

Sumber : Detik News

Translate