Home » Bolehkah Pria Dan Wanita Menggunakan Produk Perawataan Kulit Yang Sama? Ternyata Begini Penjelasannya
Featured Femele Global News Indonesia News Wanita

Bolehkah Pria Dan Wanita Menggunakan Produk Perawataan Kulit Yang Sama? Ternyata Begini Penjelasannya

Hops.ID – Tidak hanya wanitapria saat ini pun mulai menggunakan produk perawatan kulit untuk menunjang penampilan dan membuat kulit mereka lebih terawat.

Namun, produk perawatan kulit untuk pria masih terbatas yang mengharuskan mereka menggunakan produk kecantikan untuk wanita.

Kendati demikian, apakah boleh jika pria menggunakan produk perawatan kulit untuk wanita? Simak ulasannya berikut ini sepeti yang dilansir dari Indianexpress pada Senin, 6 November 2023.

Dijelaskan dr. Akanksha Sanghvi, dokter kulit estetika, secara anatomis, ada perbedaan struktur kulit anatara pria dan wanita.

Misalnya pria memiliki kulit 20 persen lebih tebal daripada wanita dengan jumlah folikel rambut yang lebih banyak dan kelenjar sebaceous.

“Demikian pula, pola penuaan pada pria dan wanita juga cenderung berbeda. Sementara pria menua secara bertahap karena penurunan bertahap dalam kandungan kolagen,” tutur dr. Akanksha Sanghvi.

“Tapi di sisi lain, wanita cenderung menua secara dramatis di paruh kedua kehidupan mereka, biasanya setelah menopause,” sambungnya.

Pria dan wanita cenderung memiliki permasalahan kulit yang sama, seperti jerawat, berminyak, muncul garis halus dan kerutan. Dan akhirnya, mereka butuh perlindungan dari matahari dan pelembap untuk kulit mereka,” katanya.

Meskipun, lanjut dr. Sanghvi mengatakan ada beberapa perbedaan biologis dalam komposisi dan kebutuhan kulit antara pria dan wanita, prinsip-prinsip perawatan kulit dasar berlaku untuk semua jenis kelamin.

Lebih lanjut, menurut dr. Sanghvi, perawatan kulit adalah aspek penting dari kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan dan tidak dibatasi oleh jenis kelamin.

“Kandungan perawatan kulit, seperti asam hialuronat, retinol, antioksidan, dan peptida, menawarkan berbagai manfaat bagi semua orang, mengatasi masalah kulit individu seperti penuaan atau jerawat,” ungkapnya.

“Baik pria maupun wanita dapat menggunakan produk perawatan kulit yang sama, asalkan produk ini memenuhi kebutuhan perawatan kulit spesifik mereka,” tambahnya.

Jadi, untuk merawat kulit pun pria juga boleh menggunakan produk perawatan wanita, “pria juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang sedang populer di kalangan wanita karena sebagian besar produk ini dirancang sesuai dengan jenis kulit atau masalah kulit”.

Lebih lanjut, akan tetapi produk perawatan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit, seperti kulit kering, berminyak atau sensitif, dan juga mempertimbangkan permasalahan kulit, seperti jerawata, kulit kusam, pigmentasi dan penuaan.

“Intinya adalah bahwa pria dan wanita dapat menggunakan produk serupa yang mengandung bahan-bahan yang secara khusus dapat mengobati masalah kulit mereka,” bebernya.

“Misalnya, serum yang mengandung niacinamide dapat digunakan oleh pria dan wanita yang menderita jerawat atau pori-pori terbuka dan serum yang mengandung asam hialuronat dapat digunakan untuk mengatasi tanda-tanda awal penuaan dan dehidrasi tanpa memandang jenis kelamin,” tukas Dr Sanghvi.***

Sumber: Hops

Translate