Home ยป 4 Wanita Terkaya Indonesia, Hartanya Segunung Tembus Rp 60 Triliun
Economy Featured Global News Indonesia News Wanita

4 Wanita Terkaya Indonesia, Hartanya Segunung Tembus Rp 60 Triliun

Jakarta – Sebanyak empat orang wanita berhasil mencatatkan namanya dalam Daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2022. Di antara mereka ada yang memiliki harta bersih mencapai lebih dari Rp 60 triliun.
Daftar tersebut didominasi para pria yang merajai aneka bidang usaha. Kendati begitu, pengusaha wanita berhasil menunjukkan taringnya dan mengumpulkan harta tidak sedikit. Kerja keras para pengusaha wanita tampaknya mulai terbayar.

Lalu, siapa saja empat wanita tajir melintir tersebut? Yuk simak ulasannya.

Daftar Wanita Terkaya di Indonesia
Berikut ini daftar wanita terkaya di Indonesia menurut Forbes:

1. Dewi Kam

Dewi Kam berhasil menduduki peringkat ke 21 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2022. Dalam laporan Forbes Real Time Billionaire Rabu (22/11/2023), kekayaan Dewi Kam mencapai 4,5 miliar dolar Amerika atau setara Rp 69 triliun.

Pengusaha wanita berusia 73 tahun ini, mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari perusahaan batu bara Bayan Resources. Hasil tambang ini berperan penting dalam konstruksi dan pengoperasian pembangkit listrik.

Saham Bayan Resources naik tiga kali lipat pada tahun 2022 di tengah krisis energi global. Nilai saham terus meningkat pada tahun 2023, seiring masih digunakannya batu bara sebagai sumber energi.

2. Arini Subianto

Pengusaha Arini Subianto berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai 1,5 miliar dolar Amerika atau setara Rp 23 triliun. Arini menempati posisi ke-28 dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022.

Saat ini, Arini adalah presiden direktur dari perusahaan keluarga Persada Capital Investama. Arini mewarisi bisnis ini dari ayahnya Benny Subianto yang telah meninggal dunia. Arini adalah putri sulung pebisnis sukses tersebut.

Sebagai pimpinan dari perusahaan induk, Arini mengawasi semua bidang usaha Persada Capital. Misal produk pengolahan kayu, pengolah karet dan batu bara, hingga minyak kelapa sawit. Wanita 52 tahun ini juga telah berinvestasi di perusahaan rintisan teknologi melalui persada sejak tahun 2017.

3. Marina Budiman

Marina Budiman merupakan salah satu pendiri sekaligus presiden komisaris perusahaan pusat data DCI Indonesia. Wanita berusia 62 tahun ini mendirikan DCI pada tahun 2011 bersama Otto Toto Sugiri.

Sebelumnya, Marina pernah bekerja sama dengan Otto di Bank Bali pada tahun 1985, lalu Sigma Cipta Caraka pada tahun 1989. Pada tahun 1994, ia juga mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia. Laporan Forbes World’s Billionaires List tahun 2023 memyatakan, kekayaan Marina Budiman adalah 1,1 miliar dolar Amerika atau Rp 17 triliun.

4. Ghan Djoe Hiang
Ghan Djoe Hiang merupakan istri dari Athanasius Tossin Suharya, pendiri grup Baramulti yang telah meninggal dunia. Grup Baramulti bergerak di bidang pertambangan dan saat ini memiliki konsesi batu bara di Kalimantan dan Sumatra.

Wanita berumur 80 ini dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar 1,07 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 16 triliun pada tahun 2022. Namun, pada tahun 2023 Ghan Djoe Hiang dilaporkan memiliki kekayaan bersih 1 miliar dolar Amerika atau Rp 15 triliun.

Sumber: Finance Detik

Translate