Home ยป 10 Contoh Perbuatan Merawat Lingkungan Sekolah Yang Harus Dilakukan
Environment Featured Global News Indonesia News

10 Contoh Perbuatan Merawat Lingkungan Sekolah Yang Harus Dilakukan

Ada banyak contoh perbuatan merawat lingkungan sekolah. Kegiatan merawat dan menjaga lingkungan sekolah tersebut dilakukan secara rutin oleh setiap anggota di sekolah. Mulai dari guru, pengurus sekolah, sampai semua siswanya.

Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dapat menjado faktor yang mendorongan kesejahteraan fisik dan mental para siswa dan staf. Kebersihan udara, air, dan tanah memiliki dampak positif terhadap kesehatan.

Berbagai Contoh Perbuatan Merawat Lingkungan Sekolah

Merawat lingkungan berarti mengelola sumber daya alam dengan bijaksana. Tindakan seperti daur ulang, penghematan energi, dan pengurangan limbah akan dapat membantu melestarikan lingkungan alam. Termasuk di lingkungan sekolah.

Melalui tindakan merawat lingkungan, siswa diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan di sekitar mereka. Ini nantinya akan membentuk karakter dan nilai-nilai tanggung jawab dalam diri mereka.

Berdasarkan buku Aktualisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan Sekolah Dasar, Fitri Kurnianingsih, dkk, 2023, inilah beberapa contoh perbuatan merawat lingkungan sekolah yang sebaiknya dilakukan rutin.

1. Daur Ulang

Contoh pertama adalah dengan menyediakan tempat sampah terpisah untuk proses daur ulang kertas, plastik, dan logam. Ini akan mendorong siswa serta staf untuk belajar memahami jenis dan proses daur ulang limbah tersebut.

2. Penanaman Pohon

Mengadakan program penanaman pohon di area sekolah atau sekitarnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keberagaman ekosistem dan mengurangi jejak karbon.

3. Pemeliharaan Taman Sekolah

Melibatkan siswa dan staf dalam merawat taman sekolah. Termasuk membersihkan, menyiram tanaman, dan menjaga kebersihan lingkungan.

4. Kampanye Penghematan Energi

Sosialisasikan praktik penghematan energi kepada seluruh warga sekolah. Misalnya mematikan lampu, peralatan listrik, dan sumber air yang tidak digunakan.

5. Memberikan Edukasi Lingkungan

Masukkan materi pembelajaran tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan ke dalam kurikulum sekolah. Ini akan mengajarkan siswa untuk lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

6. Pengurangan Penggunaan Plastik

Ajak siswa dan seluruh staf untuk mengurangi penggunaan plastik. Lalu memberikan solusi untuk menggantinya dengan penggunaan barang ramah lingkungan, misalnya penggunaan botol air minum yang dapat diisi ulang.

7. Belajar Membuat Kompos

Mengadakan program pembuatan kompos di sekolah untuk mengurangi jumlah sampah organik yang masuk ke tempat pembuangan akhir.

8. Mengadakan Agenda Pembersihan Lingkungan

Menyelenggarakan kegiatan pembersihan lingkungan secara rutin. Baik di dalam kelas maupun di seluruh lingkungan sekolah.

9. Mengurangi Penggunaan Kertas

Sarankan kepada siswa dan staf sekolah untuk mengurangi penggunaan kertas di dalam lingkungan sekolah. Kalau memang memerlukan proses cetak, sebaiknya menggunakan kertas hasil daur ulang.

10. Menghemat Air

Mengajarkan cara menghemat air kepada siswa dan staf. Terapkan juga berbagai peralatan yang ramah lingkungan untuk mengurangi konsumsi air di sekolah.

Berbagai contoh perbuatan merawat lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang terjaga dengan baik dapat memberikan ruang yang aman bagi siswa dan staf. (DNR)

Sumber: Kumparan

Translate