Home » Alasan Islam Memberikan Perhatian Terhadap Kelestarian Alam Dan Lingkungan
Environment Featured Global News Indonesia News

Alasan Islam Memberikan Perhatian Terhadap Kelestarian Alam Dan Lingkungan

Mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan? Soal ini menjadi bagian dari materi PAI untuk siswa kelas 10.

Siswa akan mempelajari adab, yaitu penerapan akhlak yang baik pada seluruh aspek kehidupan. Terdapat adab dalam beribadah, terhadap keluarga, diri sendiri, guru, masyarakat, dan alam.

Mengapa Islam Memberikan Perhatian yang Besar terhadap Kelestarian Alam dan Lingkungan? Ini Alasannya

Ilustrasi Mengapa Islam Memberikan Perhatian yang Besar terhadap Kelestarian Alam dan Lingkungan?  Sumber Unsplash/Herhy Ad
Ilustrasi Mengapa Islam Memberikan Perhatian yang Besar terhadap Kelestarian Alam dan Lingkungan? Sumber Unsplash/Herhy Ad

Salah satu penerapan akhlak dalam Islam adalah adab terhadap lingkungan alam. Berdasarkan buku PAI: Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Thoyib Saputra, Wahyudin (2016:36), berikut jawaban untuk soal mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Alasan mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan adalah karena pada hakikatnya sumber daya alam adalah milik absolut bagi Allah Swt.

Sumber daya alam tersebut diamanatkan pengelolaan, pemanfaatan dan pelestariannya kepada manusia. Oleh sebab itu, bagi orang beriman harus memiliki perilaku yang baik terhadap alam dan segala isinya.

Contoh Adab Menjaga Kelestarian Alam dan Lingkungan Sesuai Dalil Al-Quran

Ilustrasi Mengapa Islam Memberikan Perhatian yang Besar terhadap Kelestarian Alam dan Lingkungan?  Sumber Unsplash/Twinomugisha Jackson
Ilustrasi Mengapa Islam Memberikan Perhatian yang Besar terhadap Kelestarian Alam dan Lingkungan? Sumber Unsplash/Twinomugisha Jackson

Contoh perilaku adab terhadap lingkungan alam menurut dalil Al-Quran adalah sebagai berikut.

1. Memperhatikan Kelestarian Alam

Kelestarian alam dan lingkungan bergantung pada pengelolaan, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam. Allah Swt. berfirman:

الم تر أنَّ اللهَ سَخَّرَ لَكُم مَّا فِي الْأَرْضِ وَالْفُلْكَ تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَيُمْسِكُ السَّمَاءَ أَنْ تقع على الأرْضِ إِلَّا بِإِذْنِهِ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ رَّحِيمٌ

“Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menundukkan bagimu (manusia) apa yang ada di bumi, dan kapal yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya.

Dan Dia menahan (benda-benda) langit agar tidak jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.” (QS. Al-Hajj/22: 65)

2. Tidak Melakukan Pengrusakan terhadap Alam

Sebab, akan mengakibatkan terjadinya musibah atau bencana alam, seperti musibah banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, kekeringan, dan sebagainya.

Itulah sebabnya Allah Swt, secara tegas melarang manusia berbuat kerusakan di muka bumi ini dalam firman berikut.

ولا تُفْسِدُوا في الأرض بعد إصلاحها وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ المحسنين

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada Nya dengan rasa takut dan penuh harap, Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Al-A’raf/7: 56)

Mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan? Sebab, alam adalah amanah yang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah Swt. (DK)

Sumber: Kumparan

Translate