Home ยป Alasan Mengapa Manusia Harus Menjaga Lingkungan Sekitar
Environment Featured Global News Indonesia News

Alasan Mengapa Manusia Harus Menjaga Lingkungan Sekitar

Menjaga lingkungan sekitar merupakan kewajiban bagi setiap individu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan kesadaran menjaga lingkungan sejak dini. Lantas, sebenarnya mengapa manusia harus menjaga lingkungan sekitar?

Tanpa disadari, masih banyak orang yang mempertanyakan hal tersebut. Kondisi dapat terjadi karena masih kurangnya kesadaran dalam diri masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar demi keberlangsungan kehidupan manusia.

Mengapa Manusia Harus Menjaga Lingkungan Sekitar?

Mengutip dari buku Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Kasman Jaya dan Ranatwati (2022:86), ilmu lingkungan adalah penggabungan ekologi (manusia) yang dilandasi dengan kosmologi (tatanan alam) yang mempunyai paradigma sebagai ilmu pengetahuan murni atau dapat dipahami sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana manusia menempatkan dirinya dalam ekosistem atau dalam lingkungan hidup.

Jadi, bisa terlihat jelas bahwa sebenarnya manusia dan lingkungan atau alam memiliki keterkaitan yang sangat erat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa manusia harus menjaga lingkungan sekitar.

1. Memberi Keuntungan bagi Semua Makhluk Hidup

Menjaga lingkungan sekitar tidak hanya berdampak positif bagi manusia, tetapi juga makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan. Misalnya, dengan adanya reboisasi yang berkesinambungan, maka akan ada banyak jenis tanaman yang lestari dan terbebas dari risiko kepunahan.

Begitu juga berbagai spesies hewan juga bisa tetap tinggal di habitat aslinya. Dengan begitu, setiap makhluk hidup bisa hidup dan saling berinteraksi.

2. Bebas dari Pencemaran

Seperti diketahui bahwa sekarang ini pencemaran di banyak kota besar semakin parah. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menjaga lingkungan demi meminimalisir terjadinya pencemaran.

Adapun pencemaran yang dimaksud bukan hanya pencemaran udara, tetapi juga pencemaran limbah, cahaya, dan lain sebagainya. Dengan fokus menjaga lingkungan, maka kondisi alam akan lebih bersih dan tampak lestari.

3. Risiko Kepunahan Sumber Daya Alam dapat Dicegah

Alasan terakhir yang mengharuskan manusia untuk menjaga lingkungan adalah untuk bantu mengurangi risiko kepunahan sumber daya alam. Saat ini sudah semakin banyak spesies flora dan fauna yang terancam punah.

Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan berdampak bagi kehidupan manusia. Jadi, setiap individu perlu menjaga kelestarian lingkungan dan mulai menggunakannya secara hemat.

Itu dia beberapa alasan mengapa manusia harus menjaga lingkungan sekitar yang penting diketahui setiap individu. (Anne)

Sumber: Kumparan

Translate