Home » Berkarir atau Ibu Rumah Tangga, Simak 5 Alasan Perempuan harus Berpendidikan Tinggi, Ini Kata Dian Sastrowardoyo
Featured Global News Lifestyle News Op-ed

Berkarir atau Ibu Rumah Tangga, Simak 5 Alasan Perempuan harus Berpendidikan Tinggi, Ini Kata Dian Sastrowardoyo


Semakin berkembangnya zaman dan IPTEK tentu semua orang diharuskan memiliki kemampuan yang lebih maju tak terkecuali bagi perempuan. Perempuan sering dianggap tidak perlu menempuh pendidikan yang tinggi.

Padahal realitanya semua orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Tidak hanya laki-laki, perempuan juga diperlukan pemikiran dan sudut pandang yang intelek, cerdas dan luas.

Dilansir dari laman ESQ Training, Dian Sastrowardoyo ikut memberikan kata bijak dan motivasi termasuk untuk perempuan dalam menempuh pendidikan yang tinggi yang berbunyi sebagai berikut :

“Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi seorang ibu”.

Dikutip dari laman Edunitas, terdapat 5 alasan seorang wanita harus berpendidikan tinggi diantaranya :

1. Pendidikan adalah kunci dari perkembangan dan peningkatan kualitas diri

Seorang wanita yang memiliki pendidikan tinggi akan meningkatkan pola berpikir, wawasan dan kematangan diri. Pola berpikir yang matang dengan sudut pandang yang luas ini yang mampu menyaring segala informasi yang didapat.

Selain itu, semakin banyak ilmu yang didapat maka semakin baik pula kualitas diri baik dalam manajemen pola berpikir maupun manajemen emosional.

2. Wanita akan menjadi seorang ibu yang merupakan madrasah untuk anak-anaknya

Seorang wanita yang berpendidikan bisa kemungkinan memiliki peran menjadi perempuan berkarir atau sebagai ibu rumah tangga bahkan bisa juga keduanya.

Baik menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga, tetap peran utamanya menjadi madrasah bagi anak-anaknya.  Wanita yang memiliki pendidikan tinggi maka ilmunya pun juga banyak tentu hal ini mempengaruhi pola asuh dan mendidik anak.

Wanita yang berpendidikan tentu memberikan pengarahan, pendidikan dan pola asuh yang baik bahkan memperhatikan pendidikan kesehatan mental si buah hatinya.

3. Mengurangi kemiskinan dan meningkatkan strata sosial

Perempuan yang berpendidikan tinggi tentu memiliki relasi dan kemampuan yang luas. Hal ini bisa membantunya dalam mencari pekerjaan atau berbisnis.

Sekalipun wanita berpendidikan tinggi yang ujungnya memilih menjadi ibu rumah tangga biasanya memiliki usaha atau bisnis sukses yang bisa dikerjakan dirumah.

Hal ini bukan hal remeh, tentu kesuksesan itu didapatkan dari ilmu selama menempuh pendidikan mulai dari manajemen hingga strategi marketing dan sebagainya.

Dari semua itu, akhirnya wanita bisa mandiri dan memiliki penghasilan yang nantinya bisa memperbaiki kondisi ekonomi dan strata sosial.

4. Wanita berpendidikan dan berilmu tidak mudah ditipu

Perempuan yang memiliki pendidikan tinggi biasanya tidak mudah ditipu karena segala informasi atau keadaan yang diterima, mereka olah terlebih dahulu mengikuti pola berpikirnya yang luas dan bisa melihat dari berbagai sudut pandang.

5. Memiliki karir yang gemilang

Seiring dengan meningkatnya pendidikan dan ilmu tentu menunjang karir yang baik pula. Hal ini tentu didukung dari ilmu yang diperoleh serta relasi didapatkan.

Sumber: Jawa Pos

Translate