Home ยป Ganjar Banggakan 7 Kepala Daerah Perempuan Jateng di Depan Mega Asli PDIP
Asia Indonesia Politics Women

Ganjar Banggakan 7 Kepala Daerah Perempuan Jateng di Depan Mega Asli PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita sebagai Wali Kota Semarang sisa jabatan 2021-2026. Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menyampaikan di depan Megawati bahwa 7 kepala daerah perempuan di Jawa Tengah (Jateng) berasal dari PDIP.


“Saat ini ada 9 perempuan yang menjadi kepala daerah di Jateng dan 7 di antaranya lahir langsung dari rahim PDIP, ” kata Ganjar saat memberikan sambutan seperti dilansir detikJateng, Senin (30/1/2023).

Ganjar pun membeberkan satu per satu kepala daerah tersebut. Beberapa di antaranya bahkan hadir dalam acara pelantikan itu.

“Tiwi dari Kabupaten Purbalingga, Sri Mulyani Klaten, Mbak Eti Sukoharjo, Demak, Sri Sumarni Grobogan, Yuli dari Sragen, dan paling baru dari Semarang. Mbak Ita sekaligus Wali Kota perempuan pertama di Kota Semarang,” kata Ganjar.

Karena itu, Ganjar mengatakan Jateng merupakan salah satu penyumbang kepala daerah perempuan terbanyak se-Indonesia. Menurutnya, PDIP juga merupakan partai yang menyumbang kepala daerah perempuan terbanyak.

“Dari 43 kepala daerah di seluruh Indonesia, 14 di antaranya adalah kader PDI Perjuangan. Mas Pacul, Mas Hasto, waktu itu diperintah oleh Ibu (Megawati) untuk mengoperasikan Badan Diklat Partai, dan kursus kader perempuan, khusus waktu itu dibikin. Saya kira hasilnya adalah mereka-mereka yang hari ini dilantik, luar biasa,” ujar dia.

Source : Detik News

Translate